Jumat, 09 September 2011

Dual Boot Windows XP dan Windows 7

Akhrinya percobaan aku pun berhasil, semenjak dari dulu susah banget bikin Dual Boot Win-XP dan Win-7. Dulu waktu nyoba bikin Win-XP versus Linux gampang banget, ga kaya bikin ini.
Oke, ini dia kunci dari kesuksesan percobaan ini..
Biasanya kalo mau install Dual boot, yang harus di Install dulu adalah versi yang lebih tua. Jadi dalam kasus ini yang harus di Install dulu adalah Win-XP ( kalo kaga salah ),kalo mo nyoba Win-7nya dulu juga ga pa pa sih, tapi gue blm prnh nyoba. Kalo Win-XP vs Linux yang harus di Install dulu adalah Windowsnya,itu sih percobaan gue dulu. Oke lanjut…
Download software ini Easus Partition Manager apa tuh kegunaannya?
Aplikasi ini berguna buat bikin partisi baru, misalkan hardisk elu itu udah ada dan di jadiin 2 partisi, nah aplikasi ini bisa di buat untuk menjadi tiga partisi. Catatan dalam hal ini anda harus backup data terlebih dahulu supaya aman, meskipun EPM ini menjamin keselamatan data alangkah baiknya membuat backupan yang lain.
Nah jadikah partisi baru kamu di D:\ untuk Win-7, sedangkan Win-XPnya tetap di C:\ setelah persiapan selesai, Restart komputer Anda masukan DVD Win-7, ikuti langkah langkah Instalasi seperti biasa. Ketika diminta untuk memilih proses Instalasi pilih opsi Custom (Advance).

Lalu anda pilih partisi D:\ yang tadi kamu buat jangan pilih C:\ karena sudah ada Win-XPnya. Biasanya ada keterangan kalo partisi itu kosong atau ada isinya. Kemudian klik tombol Next dan lanjutan sampai proses Instalasi selesai. Setelah selesai dan Restart komputer Anda, booting lewat Hard Disk dan jika anda melihat tampilan dibawah ini berarti proses Instalasi Dual Boot anda berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar